Cara Memperbaiki Invalid IMEI pada Android (MTK)

Posted on


Cara Memperbaiki Invalid IMEI pada Android (MTK)

Banyak resiko yang menanti anda ketika anda memasang custom ROM yang dibuat dengan tergessa-gesa oleh developer. Selain Bug-bug yang belum fix, ada juga resiko hilangnya IMEI atau biasa dikenal oleh user android dengan sebutan INVALID IMEI sebagaimana peringatan yang muncul pada saat IMEI di hanheld android anda hilang/tak terbaca. Terutama pada chipset Mediatek meskipun kasus ini (Invalid IMEI) bisa juga di temukan di Chipset lain.
Untuk mengatasi resiko hilangnya IMEI, anda bisa menggunakan Mobile Uncle Tool untuk memback-up dan merestore IMEI dari dan ke microSD.
Tapi, jika anda sudah terlanjur mengalami Invalid IMEI, anda masih bisa melakukan perbaikan dengan menggunakan mode enginering. Cara restore IMEI lewat mode enginering bisa dilakukan dengan menggunakan kode khusus melalui dial-pad di handheld android anda.

Jika anda punya PC Desktop/Laptop ada cara Alternatif: Memperbaiki Invalid IMEI dengan MTK Droid Tools

Peringatan: Jangan mengganti nomer IMEI pada HP Android dengan “yang lain”, karena dengan mengganti IMEI tidak sesuai aslinya adalah TINDAKAN MELANGGAR HUKUM. Maka, anda HARUS mengisinya sesuai dengan yang tertulis di Handheld anda (biasanya terdapat di balik baterai). Lakukan hal ini HANYA saat terjadi Invalid IMEI saja.

Cara Memperbaiki Invalid IMEI pada Android (MTK)

Sebelum mengikuti tutorial inject nomor IMEI ini, anda harus menyetujui disclaimer dan kebijakan Hak Cipta / DMCA di blog ini. Setelah itu, silahkan ikuti tutorial berikut:

1. Syarat melakukan restore imei, tentu saja Android harus sudah root.
2. Silahkan masuk Engineering Mode)dengan cara dial *#*#3646633#*#* atau tap di sini.
3. Setelah masuk pada MTK Engineering (EngineeringMode) pilih “connectivity”
4. Dalam MTK Enginering, pilih bilah CDS Information
5. Selanjutnya pilih Radio Information. Ini adalah menu untuk inject nomor IMEI.
6. Kemudian pilih SIM 1/ Phone1 akan muncul AT+EMGR=1,7,”ISI NOMER IMEI DISINI”. Lanjutkan dengan Send AT Command.
7. Lakukan hal yang sama pada SIM 2 / Phone2 akan muncul AT+EMGR=1,10,”ISI NOMER IMEI DISINI”, Send AT Command.

Setelah selesai melakukan langkah di atas dengan benar, silahkan reboot (nyalakan ulang/restart) handheld android china anda.

Jika langkah anda benar, maka pada saat anda melakukan cek IMEI (dial *#06#) IMEI Android anda sudah kembali seperti aslinya.

Catatan:
– Jika pada langkah no.2 anda tidak dapat masuk ke mode enginering, instal dulu MTK Engineering.Apk bisa download disini.- Perlu diperhatikan, pada langkah no.6 dan no. 7 tanda petik-dua (“) pada tiap handheld bisa berbeda.

Alternatif ganti imei bisa menggunakan Camelephon.apk

Pencarian:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *