Tips-Menghemat-Batre-Smartphone.png

Tips Menghemat Batre Smartphone

Posted on

Seperti kita ketahui Smartphone adalah perangkat elektronik atau gadget dengan konsumsi batre yang lumayan boros, penyebab utamanya adalah penggunaan sinyal atau koneksi internet yang nyaris tidak pernah berhenti. Menggunakan smartphone tentunya tidak akan lepas dari berbagai aplikasi yang selalu kita akses setiap saat seperti Facebook, Twitter, BBM, Patch, Instagram dan masih banyak lagi, berbagai aplikasi sosial media di atas jelas tidak akan berjalan tanpa koneksi internet. Inilah yang membedakan smartphone dengan ponsel biasa.
Setiap perangkat smartphone yang di keluarkan oleh pabrikan tentunya di lengkapi dengan batre yang menyesuaikan dengan ukuran layar smartphone tersebut. Semakin besar layar smartphone maka ukuran batre akan semakin besar. Jadi bisa di katakan ukuran layar juga sangat berpengaruh terhadap penggunaan daya batre. Untuk mengetahui apa saja penggunaan batre di smartphone Anda dapat di lihat di menu Batre dengan masuk ke menu Setting kemudian cari Battery. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
Gambar Tampilan Menu Batre di Samsung Galaxy Tab 3
Dari gambar di atas konsumsi utama batre yang di gunakan oleh Samsung Galaxy Tab adalah Screeen, Android OS, Cell standy, Android System, BeeTalk, Device idle, BBM dan Media. Data di atas mungkin akan berbeda dengan milik Anda karena kegunaan masing-masing pengguna tentunya akan berbeda juga, sebagai contoh tablet tidak saya gunakan untuk kontak center atau menelpon hanya khusus untuk keperluan sosial media dan BBM jadi konsumsi batre untuk telpon lebih kecil.
Urutan komsumsi pertama yaitu Screen, hal ini terkait dengan layar di smartphone Anda artinya terlalu sering membuka smartphone mengakibatkan konsumsi batre smartphone Anda boros. Satu-satunya cara untuk sedikit menghemat batre ubah tampilan layar smartphone Anda dalam hal ini adalah tingkat kecerahannya menjadi kecil. Masuk ke menu Display, kemudian cari Brightness atur pada posisi minus namun tampilan layar smartphone Anda masih tetap terlihat. Brightness atau kecerahan ini akan sedikit berpengaruh jika Anda berada di luar ruangan pada siang hari, tampilan layar akan menjadi gelap, untuk mengatasi jika Anda sering beraktifitas di siang hari di luar ruangan ubah setingan ke posisi agak sedikit terang.Untuk Anda yang berada di dalam ruangan ukuran kecerahan pada posisi -5 masih tetap terlihat dengan jelas.

 
Berada di urutan kedua pengkonsumsi batre paling boros adalah Android OS. Artinya disini adalah system operasi OS yang bekerja di Android anda. Adakah cara mengatur OS Android agar batre menjadi hemat, jawabannya dalah dengan upgrade ke OS Android terbaru yaitu OS Lolipop yang sudah di klaim oleh Android mampu mengemat pemakaian batre. Sayangnya Samsung Galaxy Tab hanya bisa di update maksimal OS KitKat dan sampai saat tulisan di turunkan OS KitKat di Tab 3 belum bisa di update.
Masuk ke urutan ketiga pengkonsumsi batre terboros adalah Cell Standby. Yang dimaksud disini adalah penggunaan koneksi internet dan kartu yang di gunakan oleh perangkat smartphone Anda. Hal ini wajar dan memang tidak bisa di ubah sama sekali karena tentunya Anda membutuhkan koneksi dengan kartu seluler untuk menerima SMS, Telephone, atau MMS.

Bergeser ke urutan berikutnya adalah penggunaan aplikasi di Android seperti BeeTalk dan BBM Android. Beberapa aplikasi di Android seperti BeeTalk adalah aplikasi yang menggunakan fitur Location atau GPS, dimana GPS sendiri adalah sangat boros terhadap penggunaan batre. Hampir sama seperti BeeTalk aplkiasi BBM Android juga mengkonsumsi batre cukup besar tentu saja di karenakan BBM terdapat fitur update status dari kontak BBM dimana fitur ini juga selalu perlu sinyal GPRS.

Beberapa hal lain yang tidak kalah penting untuk menghemat batre Android atau Smartphone Anda adalah mematikan koneksi Wi-fi jika tidak di perlukan, jaringan Wi-fi sebagai sambungan koneksi menyebabkan batre boros. Matikan koneksi internet ke smartphone pada saat tidak di butuhkan seperti pada saat Anda tidur. Matikan atau logout aplikasi seprti WeeChat, BeeTalk pada saat Anda tidak membutuhkan, login kembali saat ingin menggunakannya. Untuk aplikasi BBM sebaiknya gunakan fitur block update status BBM teman di kontak BBM Anda, untuk cara block lihat aplikasinya di sini.

Semoga tutorial di atas berguna. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.

Pencarian:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *